Rabu, 13 Oktober 2010

Lembutnya es yoghurt

Toko oleh-oleh Serba Susu di Jalan Sesko AU No. 7, memproduksi "Yoghurt Ice Cream Serba Susu". Tak seperti yoghurt beku (frozen) biasa yang diselingi semacam bulir air membeku, menu penutup yang dikemas dalam mangkuk (cup) layaknya es krim yang diproduksi massal ini teksturnya lembut.

"Bahan baku susu untuk es krim yoghurt ini tidak ada campuran air," ungkap Lucy T. Mayasanti, 33 tahun, pemilik toko sekaligus sang pembuat es krim yoghurt kepada Tempo, Minggu, 25 Juli 2010..

Yoghurt Ice Cream Serba Susu, kata Lucy, terdiri atas 80 persen unsur yoghurt dan 20 persen unsur krim. Krim inilah yang membuat teksturnya mirip seperti es krim, tetapi berasa asam.

Es krim ini tersedia dalam empat rasa. Ada rasa leci, mangga, blueberry, dan straberi. Di bagian atasnya, dibubuhi potongan buah asli. Potongan tersebut disesuaikan dengan rasa adonan es krim.

Susu sapi sebagai bahan baku yoghurt pun tidak melalui tahap penundaan proses terlebih dahulu. "Ini langsung diolah waktu susu itu diambil pagi atau sore hari. Dan yang tak kalah penting, es krim ini tidak pakai bahan pengawet," lanjut lulusan Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha, Bandung, ini.

Lantaran penyimpanannya dibekukan dalam lemari pendingin, maka tahan sampai sekitar tiga bulan. Berbeda dengan yoghurt cair dan krim yang umumnya hanya tahan dua minggu.

"Yang paling banyak disukai itu es krim yoghurt rasa blueberry," ujar Titin Wahyuni, pengelola toko oleh-oleh Serba Susu. Jika dibandingkan dengan es krim yoghurt rasa leci dan mangga, blueberry dan stroberi lebih kecut. Mengingat, kata Titin, dasar buahnya memang sudah asam. Berbeda dengan leci dan mangga, rasa asam pada es krim ini memang tetap terasa, tapi tidak seberani seperti kedua buah beri.

Kedai ini buka setiap Senin sampai Jumat, mulai buka pukul sembilan pagi dan tutup pukul delapan malam. Khusus untuk Sabtu dan Minggu, kedai dibuka pukul 06.00-21.00 WIB. "Karena kalau akhir pekan banyak yang liburan di Lembang," kata Titin.

Selain bisa memborong Yoghurt Ice Cream, pengunjung toko Serba Susu juga bisa membeli oleh-oleh dengan bahan baku susu dari sapi-sapi yang dirawat di peternakan Lucy. Macam-macam, ada beragam olahan yoghurt lainnya, permen, dan kue-kue.

Sementara di kedainya, berbagai cemilan dan makanan pun ada seperti kentang goreng, roti bakar, mie goreng, nasi goreng, pempek, shisha, dan lain-lain. Pada hari libur, para pengunjung yang datang ke kedai biasanya wisatawan Lembang dari luar kota.


Sumber : tempointeraktif.com



Lihat juga : seafood, pasta, steak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar